Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Lestarikan Tradisi Nenek Moyang Ratusan Anggota IIKK Suruh Ikut Lomba Bikin Takir Dan Pincuk

Redaksi
Tuesday, August 29, 2023
Last Updated 2023-08-29T14:10:05Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini




Laporan: W Widodo


UNGARAN | BERITA-GLOBAL.COM - Berbagai lomba warnai HUT IIKK (Ikatan Istri Karyawan Karyawati) Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan  Suruh sekaligus HUT RI Ke 78.


Acara yang digelar di aula Korwil Suruh, Selasa (29/8/2023) ini diikuti kurang lebih  280 orang.


Kepala Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Suruh, Heri Suwarto mengatakan, dalam kegiatan ini pesertanya dari 8 gugus se Kecamatan Suruh.


“Kegiatanya adalah lomba  membuat piring makan tradisional dari daun pisang berupa  takir dan pincuk. Dengan lomba ini diharapkan takir dan pincuk tetap lestari digunakan masyarakat di tengah  kemajuan tekhnologi  piring pabrikan,” ujar Heri kepada wartawan.


Seperti diketahui,lanjut Heri untuk membuat tempat makan piring tradisional takir dan pincuk dibutuhkan bahan baku daun pisang dan sapu lidi atau “sodo” yang dipotong-potong digunakan untuk membentuk takir dan pincuk. 


"Meski tidak asing lagi namun beberapa peserta mengaku perlu latihan untuk membuat takir dan pincuk karena ada tingkat kesulitan saat membentuk takir dan pincuk yang rapi dan kuat, serta bisa berdiri saat dimasukkan makanan,"ucapnya.


Heri Suwarto berharap dengan pelestarian takir dan pincuk kedepan tempat makan tradisional ini  tidak hilang ditelan zaman.


"Dengan takir dan pincuk juga akan ramah lingkungan karena dari daun pisang, bahkan kami dari Korwil berharap sekolah jika ada acara bisa menggunakan pincuk dan hindari piring plastik,"tuturnya.


Ketua Ikatan Istri Karyawan Karyawati,   Kecamatan Suruh,  Endang Kusdiningsih,  menyampaikan jika lomba membuat pincuk dan takir ini dalam rangkaian HUT RI. 


"Pada kesempatan ini digelar  lomba menghias  tumpeng, estafet sarung dan menyanyi duet," kata Endang yang juga tercatat sebagai ketua K3S kecamatan Suruh ini.


Pantauan wartawan, dalam acara IIKK selain mengelar lomba menghias tumpeng dan membuat takir dan estafet sarung juga digelar lomba menyanyi duet.


Diakhir acara lomba menyanyi duet, keluar sebagai juara, Romadhon dan istri mendapatkan hadiah dalam Kategori penyanyi terkompak, disusul Ka Korwilcam  Heri Suwarto bersama istri mendapatkan juara kategori penyanyi pasangan termesra usai membawakan lagu "Luka Disini" karya Ungu. (*)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner