Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Polres Salatiga dan Dishub Gelar Ramp Check Bus Pariwisata Untuk Cegah Kecelakaan

Redaksi
Saturday, May 18, 2024
Last Updated 2024-05-18T02:58:30Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini



Laporan: W Widodo


 SALATIGA | SUARAGLOBAL.COM - Kecelakaan lalu lintas di Subang, Jawa Barat yang menewaskan belasan penumpang memicu keprihatinan dari berbagai pihak. Sebagai langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang, Sat Lantas Polres Salatiga menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub) Salatiga melakukan Ramp Check terhadap bus pariwisata di kota tersebut pada Sabtu (18/05/2024).


Dipimpin oleh Kanit Kamsel, Ipda Yulius Dimas Aditya, tim mengunjungi PO Bus Safari, PO Bus Permata Adelia, dan PO Pesiar Transindo untuk mengecek belasan bus pariwisata. "Kami bersama Dishub Salatiga hari ini melaksanakan pengecekan kendaraan berupa rem, lampu, wiper, kedalaman alur ban, uji emisi, dan kelengkapan keselamatan bus yang terdiri dari alat pemadam api ringan (APAR), pemecah kaca, dan segitiga penyelamat," ujar Ipda Yulius.


Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan semua peralatan keselamatan dalam bus berfungsi dengan baik, sehingga penumpang dapat menyelamatkan diri jika terjadi kecelakaan. "Kami harapkan kru atau awak bus memberikan edukasi kepada penumpang sebelum keberangkatan tentang tata cara menggunakan alat-alat tersebut dan letak benda-benda tersebut agar penumpang tidak panik jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," tambah Yulius.


Selain pengecekan teknis, tim juga memeriksa kelengkapan administrasi termasuk kartu pengawas, buku uji KIR, izin trayek, dan STNK. "Secara umum tidak ditemukan kerusakan, semuanya dalam kondisi bagus dan laik jalan. Izin kendaraan sebagai bus pariwisata selama 15 tahun sesuai aturan Kemenhub juga masih berlaku. Kami ucapkan terima kasih kepada pemilik PO bus dan kru-nya yang memprioritaskan keselamatan penumpang," tutup Ipda Yulius.


Giyanto (53), pemilik PO Bus Permata Adelia, mengapresiasi pengecekan yang dilakukan oleh Sat Lantas dan Dishub. "Untuk PO Bus Permata Adelia, kami selalu melakukan pengecekan secara berkala untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Kami juga bekerja sama dengan Polres Salatiga dan aktif berkoordinasi jika menemui hambatan. Keselamatan dan kenyamanan penumpang adalah prioritas kami," ungkapnya.


Melalui langkah proaktif ini, diharapkan keamanan dan keselamatan perjalanan bus pariwisata di Salatiga dapat terjamin, memberikan ketenangan bagi penumpang serta mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan di masa mendatang. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner