Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Universitas Batutta Medan Raih Akreditasi 'Baik Sekali' dari BAN-PT

Redaksi
Tuesday, July 9, 2024
Last Updated 2024-07-09T16:55:13Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

Laporan: Rizky Zulianda


MEDAN | SUARAGLOBAL.COM - Universitas Batutta yang beralamat di Jalan Sekip, Sei Kambing, Medan, Sumatera Utara, baru saja meraih akreditasi 'Baik Sekali' dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penghargaan ini secara resmi diserahkan oleh BAN-PT kepada Rektor Universitas Batutta, Evri Ekadiansyah, S.Kom., M.Kom.


BAN-PT, satu-satunya badan akreditasi yang diberi wewenang oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan serta menyebarluaskan "Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi", serta meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi, dan keberlanjutan pendidikan tinggi.


Proses menuju akreditasi ini bukanlah sesuatu yang instan. Sebelum mendapatkan sertifikat akreditasi, Universitas Batutta telah menjalani audit dari pihak BAN-PT pada tanggal 1 hingga 3 Juli 2024. Audit ini dilakukan oleh tiga asesor berpengalaman, yakni Prof. Dr. Herri, S.E., M.B.A. dari Universitas Andalas, Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si., S.Kom. dari Universitas Gunadarma, dan Prof. Dr. Mella Ismelina, F.R, S.H., M.Hum. dari Universitas Tarumanegara. Hasil dari penilaian asesor inilah yang menentukan akreditasi 'Baik Sekali' bagi Universitas Batutta.


Mengacu pada Bab Pendahuluan Lampiran Peraturan BAN-PT Nomor 3 Tahun 2019 tentang Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi, akreditasi merupakan bentuk evaluasi kelayakan dan mutu perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Akreditasi juga mencakup penilaian terkait akuntabilitas, pemberian izin, serta lisensi oleh badan tertentu.


Adapun tujuan dan manfaat akreditasi perguruan tinggi antara lain:

1. Memberikan jaminan bahwa perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi kriteria mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi kriteria.

2. Mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.

3. Hasil akreditasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam transfer kredit, usulan bantuan dan alokasi dana, serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.


Nilai akreditasi yang diberikan kepada perguruan tinggi didasarkan pada Instrumen Akreditasi 7 Standar, dengan rincian sebagai berikut:

- Nilai 361 – 400 → A

- Nilai 301 – 360 → B

- Nilai 200 – 300 → C

- Nilai kurang dari 200 → Tidak Terakreditasi


Berdasarkan Peraturan BAN-PT No. 3 Tahun 2019, nilai akreditasi 'Baik Sekali' diberikan jika nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 361, tetapi tidak memenuhi syarat untuk peringkat unggul. Selain itu, predikat 'Baik Sekali' juga bisa didapatkan jika nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 301, dan kurang dari 361, serta memenuhi syarat untuk peringkat 'Baik Sekali'.


Pencapaian akreditasi 'Baik Sekali' ini menunjukkan bahwa Universitas Batutta telah memenuhi kriteria mutu yang tinggi dan diharapkan dapat terus mempertahankan serta meningkatkan kualitas pendidikannya demi mencetak generasi muda yang kompeten dan berdaya saing tinggi. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner