Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Tarian Thak-thakan Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78 Polres Tuban

Redaksi
Wednesday, July 3, 2024
Last Updated 2024-07-03T08:52:21Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 


Laporan: Iswahyudi Artya


TUBAN | SUARAGLOBAL.COM – Puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-78 di Polres Tuban, Polda Jawa Timur, berlangsung meriah dengan penampilan tarian Thak-thakan, sebuah seni kerakyatan khas Kabupaten Tuban. Kegiatan yang diadakan pada Senin (01/07/2024). ini menarik perhatian banyak pihak, terutama setelah upacara resmi selesai.


Puluhan anggota TNI dan Polri turut ambil bagian dalam pertunjukan yang mengangkat kearifan lokal ini. Tarian Thak-thakan, yang berasal dari kecamatan Tambakboyo, dikenal sebagai seni tari barongan yang sarat dengan unsur magis.

 Masyarakat setempat mempercayai tarian ini sebagai penolak bala dari hal-hal buruk yang akan mengganggu desa.


Kapolres Tuban, AKBP Suryono, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari pertunjukan ini adalah untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal kepada masyarakat Tuban. "Saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal kesenian Thak-thakan dari kecamatan Tambakboyo. Mudah-mudahan ini menjadi gelora bagi masyarakat Tuban untuk membangkitkan budaya-budaya yang ada di kabupaten Tuban," ujar AKBP Suryono.


Selain Thak-thakan, perayaan ini juga dimeriahkan oleh atraksi Polisi Cilik (Pocil) yang menampilkan keterampilan dan kepiawaian anak-anak dalam baris-berbaris dan simulasi tugas polisi. Peserta Pocil adalah hasil seleksi dari berbagai sekolah dasar di Tuban dan telah menjalani pelatihan intensif. Mereka juga telah mewakili Polres Tuban dalam berbagai lomba di jajaran Polda Jatim.


 "Ini sungguh menjadi kebanggaan bagi putra-putri kabupaten Tuban yang sangat luar biasa," tambah Kapolres.


Suasana semakin hangat ketika puluhan anggota Kodim 0811 Tuban datang memberikan kejutan berupa kue dan tumpeng untuk merayakan Hari Bhayangkara ke-78.


 Sinergi dan keharmonisan antara Forkopimda Kabupaten Tuban terlihat jelas saat Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, S.E., Kepala Kejaksaan Negeri Tuban Armen Wijaya, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Tuban Irwansyah Putra Sitorus, S.H., M.H., dan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf. Dicky Purwanto, S.Sos., M.I.P., menerima suapan kue dan tumpeng dari Kapolres Tuban.


Perayaan ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi juga menjadi momentum penting untuk memupuk rasa kebersamaan dan memelihara nilai-nilai budaya lokal yang ada di Kabupaten Tuban. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner