Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Indonesia Juara Umum ASEAN University Games ke-21 di Surabaya dan Malang

Redaksi
Tuesday, July 9, 2024
Last Updated 2024-07-08T17:33:06Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 


Laporan: Iswayudi Artya


SURABAYA-MALANG | SUARAGLOBAL.COM – Kontingen Indonesia kembali mencatatkan sejarah dengan menjadi juara umum ASEAN University Games (AUG) ke-21 yang digelar di Surabaya dan Malang. Prestasi ini menjadi yang ke-11 kalinya bagi Indonesia dalam perhelatan olahraga antar mahasiswa se-ASEAN tersebut. (6 Juli 2024).


Kompetisi yang berlangsung sejak 25 Juni hingga 6 Juli 2024 ini diikuti oleh sebelas negara anggota ASEAN. Indonesia keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali yang sangat dominan, yakni 126 medali emas, 99 perak, dan 71 perunggu.


Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada ASEAN University Sport Council (AUSC) yang memberikan kepercayaan kepada Indonesia sebagai tuan rumah untuk kelima kalinya. “Kerja sama yang kompak dari seluruh pihak, termasuk Bapomi dan sembilan perguruan tinggi di Surabaya dan Malang, telah membuat sekitar 728 pertandingan berjalan lancar,” ujar Suharti dalam konferensi pers di Rektorat Universitas Negeri Malang (UM) pada Sabtu malam, 6 Juli 2024.


Prof. Mohd. Ruslim Mohammed, Presiden AUSC, juga mengakui pencapaian Indonesia dalam menyelenggarakan AUG kali ini. "Dua kota dan sembilan venue menjadi tolok ukur baru dalam perhelatan AUG. Ini pencapaian yang baik dan menjadi benchmark bagi negara lain yang akan menjadi tuan rumah di masa mendatang," tuturnya.


Sebagai ketua umum penyelenggara AUG, Prof. Nurhasan, yang juga Rektor UNESA, menambahkan bahwa kompetisi kali ini berjalan dengan lancar dan sukses tanpa hambatan berarti. “AUG bukan hanya soal meraih medali, tetapi juga sikap saling menghargai dan sportivitas yang diperlihatkan oleh semua kontingen,” ujar Nurhasan.


Berikut klasemen akhir perolehan medali AUG ke-21 2024:

- Indonesia: 126 emas, 99 perak, 71 perunggu

- Thailand: 53 emas, 49 perak, 29 perunggu

- Malaysia: 38 emas, 47 perak, 62 perunggu

- Vietnam: 12 emas, 9 perak, 5 perunggu

- Singapura: 11 emas, 27 perak, 36 perunggu

- Filipina: 3 emas, 3 perak, 9 perunggu

- Laos: 3 emas, 2 perak, 6 perunggu

- Myanmar: 2 emas, 8 perak, 1 perunggu

- Kamboja: 1 emas, 5 perak, 3 perunggu

- Brunei Darussalam: 1 emas

- Timor-Leste: 1 perak, 9 perunggu


Dengan pencapaian gemilang ini, Indonesia tidak hanya menunjukkan kekuatan di bidang olahraga mahasiswa tetapi juga kemampuan sebagai tuan rumah yang sukses dan kompeten. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para atlet dan pelatih untuk terus berprestasi di tingkat internasional. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner