Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Polres Sampang Berikan Pelayanan Khusus SIM untuk Penyandang Disabilitas dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-78

Redaksi
Saturday, June 29, 2024
Last Updated 2024-06-29T15:30:17Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 


Laporan: Ninis Indrawati


 SAMPANG | SUARAGLOBAL.COM - Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78, Polres Sampang yang dipimpin oleh AKBP Siswanto S.I.K., M.H. dan Satlantas Polres Sampang di bawah komando AKP Rukimin S.H., M.H. menunjukkan kepedulian mereka terhadap penyandang disabilitas dengan memberikan pelayanan khusus dan kemudahan dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM). Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen kepolisian untuk memberikan pelayanan inklusif dan mendukung hak-hak semua warga, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. (29 Juni 2024).


Pada kegiatan tersebut, Polres Sampang menyediakan loket khusus bagi penyandang disabilitas sehingga mereka dapat mengurus SIM tanpa harus mengantri lama seperti biasanya. Selain itu, petugas kepolisian juga memberikan pendampingan dan bantuan ekstra selama proses pengurusan berlangsung. Ini mencakup bantuan dalam pengisian formulir, pendampingan saat ujian teori, serta dukungan teknis selama ujian praktik mengemudi.


Kepala Polres Sampang AKBP Siswanto menyatakan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki akses yang sama terhadap pelayanan publik, termasuk dalam hal kepemilikan SIM. Hal ini juga sejalan dengan semangat HUT Bhayangkara ke-78 yang mengusung tema "Polri Presisi untuk Indonesia Maju". 


"Dengan adanya kemudahan dan pelayanan khusus ini, diharapkan penyandang disabilitas dapat lebih mudah dalam mengurus SIM, yang pada gilirannya akan meningkatkan mobilitas dan kemandirian mereka," ujar AKBP Siswanto. Langkah ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi instansi lain dalam memberikan layanan inklusif dan ramah disabilitas.


Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan sosialisasi mengenai keselamatan berlalu lintas khusus untuk penyandang disabilitas. Materi yang disampaikan meliputi cara aman berkendara, pentingnya mematuhi rambu lalu lintas, dan penanganan kendaraan yang disesuaikan dengan kebutuhan disabilitas.


Upaya Polres Sampang ini mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk komunitas penyandang disabilitas yang merasa terbantu dengan adanya pelayanan khusus ini. Mereka berharap program semacam ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan di masa mendatang. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner