Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Iduladha di Masjid Istiqlal: Ibadah Kurban Perkuat Solidaritas Sosial dan Kebersamaan Umat Islam

Redaksi
Monday, June 17, 2024
Last Updated 2024-06-17T02:39:43Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Suyitno saat tampil jadi Khatib Salat Iduladha 1445 H/2024 M di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Istimewa)

Laporan: Anta

JAKARTA | SUARAGLOBAL.COM - Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof. Dr. Suyitno, menyampaikan pesan penting tentang makna ibadah kurban dalam rangka memperkuat ikatan kepedulian sosial dan solidaritas antara umat Islam. Pesan ini disampaikan dalam Gema Takbir Akbar Nasional yang digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Minggu (16/06/2024).


Prof. Dr. Suyitno yang tampil sebagai khatib salat Iduladha 1445 H, mengungkapkan bahwa pelaksanaan kurban memiliki peran penting dalam masyarakat. "Selama pelaksanaan kurban, masyarakat saling berbagi daging kurban dengan orang-orang yang membutuhkan, termasuk fakir miskin, yatim piatu, dan kaum dhuafa," ujarnya.


Salat Iduladha kenegaraan di Masjid Istiqlal dihadiri oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. Nasaruddin Umar, sejumlah pejabat tinggi negara, dan ribuan umat Islam. Kehadiran tokoh-tokoh penting ini menambah khidmat suasana perayaan Iduladha di pusat peribadatan terbesar di Indonesia tersebut.


Dalam khutbahnya, Suyitno menekankan bahwa ibadah kurban tidak hanya sekadar ritual keagamaan, tetapi juga sarana untuk mempererat kebersamaan, persatuan, dan kepedulian antarsesama Muslim. "Ibadah kurban menciptakan rasa kebersamaan, persatuan, dan saling peduli antarsesama Muslim, juga mengajarkan nilai-nilai saling berbagi, empati, dan kepedulian sosial dalam masyarakat," tuturnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ibadah kurban juga mendorong umat untuk memperdalam spiritualitas dengan taqarrub billah (mendekatkan diri kepada Allah) dan memperkuat akhlak yang baik. Ia menekankan pentingnya mematuhi aturan dan tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai ajaran agama, serta mengingatkan bahwa pembagian daging kurban adalah bentuk nyata dari menebarkan cinta kasih di antara umat.


Setelah salat, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin secara simbolik menyerahkan hewan kurban berupa sapi seberat 1.164 kilogram kepada Imam Besar Masjid Istiqlal. Penyerahan ini menandai dimulainya proses distribusi daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan, sebagai simbol kepedulian pemerintah dan upaya mempererat ukhuwah Islamiyah.


Perayaan Iduladha di Masjid Istiqlal tahun ini berlangsung dengan penuh kehangatan dan kebersamaan, menguatkan kembali semangat solidaritas dan kepedulian sosial di tengah masyarakat. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner