Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Polres Salatiga Amankan Sholat Idul Fitri Jamaah Muhammadiyah Kota Salatiga

Redaksi
Friday, April 21, 2023
Last Updated 2023-04-21T05:09:24Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 



Laporan: W Widodo


 SALATIGA | BERITA-GLOBAL.COM - Meskipun pemerintah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu tanggal 22 April 2023, namun tidak melarang bagi umat muslim yang merayakannya pada hari ini. Hal ini terlihat pada saat ribuan jamaah melaksanakan sholat Idul Fitri di halaman parkir Mall Ramayana Kota Salatiga yang diselenggarakan oleh PD Muhammadiyah Kota Salatiga. Jumat, 21/04/2023.


Pengamanan sholat Idul Fitri hari ini dipimpin langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP FERIA KURNIAWAN, S.I.K. didampingi Wakapolres KOMPOL IMAN SUDIYANTORO, S.H., M.H. dan Kabag Ops KOMPOL MOCHAMAD ZAZID, S.H., M.H. serta personel pengamanan sejumlah 75 orang. 


Bertindak sebagai Imam Sholat adalah Drs. Abdul Rochim, M. Ag dan Khotib adalah  Ustadz Dr. Sutrisna, M. Pd. Selain itu, nampak pula hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua PD Muhammadiyah Kota Salatiga Prof. Dr. Imam Sutomo, M. Ag, serta beberapa Pengurus Daerah dan Cabang Muhammadiyah Kota Salatiga yang diikuti oleh sekitar 3000 (tiga ribu) jamaah. 


Dalam khotbah Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Khotib Ustadz Dr. Sutrisna, M. Pd, menyampaikan pesan dengan tema  "Idul Fitri Dalam Dimensi Teologis dan Sosiologis."


Dimensi Teologis (Hablu Minallah) megajak manusia untuk bertaqwa, menjalankan fungsi kehambaan dan pengabdian sampai akhir hayat, menyembah Allah SW, tidak mempersekutukan dengan suatu apapun, menunaikan perintahnya dan menjahui laranga -Nya, sebagi wujud kesalihan individual.


Sementara dimensi Sosiologis (Hablu Minannas) adalah kodrat manusia sebagai mahluk Tuhan yang bersifat monodualistik selain sebagai makhluk individu dia juga sebagai makhluk sosial. 


Oleh karena itu umat  Islam harus berkontribusi positif untuk kebaikan diri dan lingkunganya, bersinergi menciptakan harmoni menjaga dan memelihara hubungan baik, saling tolong menolong dan bekerjasama dengan sesama manusia atas dasar prinsip kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.


Dihubungi di sela kegiatan pengamanan, Kapolres Salatiga Polda Jateng AKBP Feria Kurniawan, S.I.K menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan sholat Idul Fitri ini merupakan kewajiban anggota Polri untuk hadir di tengah masyarakat dengan memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan ibadah. 


"Polres Salatiga telah melaksanakan pengamanan ibadah sholat Idul Fitri hari ini yang dilaksanakan di halaman parkir Mall Ramayana. Karena lokasinya yang berada di pusat kota dan disekitar pusat perekonomian, untuk pengamanan kita fokuskan pengalihan jalur lalu lintas, sehingga masyarakat yang akan beraktifitas tidak terganggu dan jamaah Sholat Idul Fitri juga dapat khusyuk dan khidmad dalam pelaksanaannya.


Selain ratusan personil Polres Salatiga juga dibantu rekan TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan serta Mitra Kamtibmas lainnya, hal ini guna memastikan Kamtibmas kondusif dan arus lalu lintas dapat segera di cairkan pada saat selesai ibadah tadi, tidak sampai 30 menit arus lalu lintas sudah kembali normal. " Beber AKBP Feria Kurniawan, S.I.K.


"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H bagi umat muslim semuanya, mohon maaf lahir dan batin." Tutup Kapolres. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner