Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Pimpin Apel Ikan Selayar Kapolres Salatiga Tekankan "Jadilah Pelopor Keselamatan Di Perairan"

Redaksi
Wednesday, March 8, 2023
Last Updated 2023-03-08T04:05:48Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 

Istimewa 


Laporan: W Widodo


 SALATIGA | BERITA-GLOBAL.COM -  Rabu/08/03/2023 bertempat di  halaman parkir Kolam Renang Kalitaman Kel. Salatiga Kec. Sidorejo Kota Salatiga berlangsung kegiatan Apel Ikan Selayar (Ikut Andil Keselamatan Berlayar) Polda Jateng dengan Pimpinan Apel Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan, S.I.K, dan dihadiri oleh Wakapolres Salatiga Kompol Iman Sudiyantoro, S.H, M.H, Pejabat Utama Polres Salatiga, Kapolsek Jajaran polres Salatiga, Kepala BPBD Kota Salatiga, Kepala Satpol PP, Tagana Kota Salatiga dan Kelapa Dinas Pariwisata Kota Salatiga. 


Kapolres Salatiga Polda Jateng AKBP Feria Kurniawan, S.I.K selaku Pimpinan Apel dalam amanatnya menyampaikan bahwa Program Ikan Selayar ( Ikut Andil Keselamatan Berlayar) merupakan salah satu program kegiatan Polda Jateng yang terbentuk karena rasa keprihatinan atas terjadinya musibah kecelakaan laut/air yang terjadi diwilayah Jajaran Polda Jateng, yang pada Tahun 2022 terjadi  kejadian kecelakaan di perairan sebanyak 186 kejadian dengan korban meninggal dunia 131  orang, korban yang belum ditemukan 30 orang,  korban luka luka 4 orang, dari jumlah 131 orang meningal dunia 54 orang diantaranya disebabkan karena tenggelam, hanyut, jatuh di laut atau perairan., urai AKBP Feria Kurniawan, S.I.K.

Salah satu kejadian menonjol pada Tahun 2022 pada saat lebaran (Idul Fitri) yaitu kecelakaan perahu wisata di Waduk Kedung Ombo yang mengakibatkan 9 orang meninggal dunia, hal tersebut disebabkan juga karena kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat perairan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan disaat beraktivitas di perairan, jelas AKBP Feria Kurniawan, S I.K.


Guna mencegah dan meminimalisir kejadian kecelakaan laut/air di obyek wisata perairan danau, waduk, bendungan, sungai, pesisir laut yang ada di wilayah Polda Jateng,  maka perlu dilakukan langkah-langkah nyata yaitu dengan melaksanakan kegiatan Ikan Selayar, yang pada hari ini dilaksanakan secara serentak dan bersama-sama di 35 Polres Jajaran Polda Jateng dan pembagian  7.000 life jacket dengan  maksud dan tujuan sebagai suatu upaya untuk menekan atau menurunkan angka kecelakaan di wilayah perairan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penggunaan atau pemakaian alat keselamatan disaat beraktivitas di perairan adalah sudah menjadi standar operasional prosedur serta menjadikan budaya keselamatan aktivitas di wisata perairan menjadi budaya kita semua. 


Keselamatan dalam kegiatan di perairan khusus nya pelaksanaan kegiatan wisata perairan merupakan kebutuhan mutlak dan tanggung jawab bersama baik dari pemangku kebijakan, operator atau pelaku jasa wisata perairan serta termasuk para pengunjung wisata sendiri.

"Untuk kita bersama harus memahami pentingnya keselamatan dalam aktivitas wisata perairan, selalu peduli dan mampu menjadi pelopor keselamatan disaat beraktivitas di perairan, dengan terjaminnya keselamatan dan kenyamanan dalam aktivitas wisata perairan akan berdampak positif bagi wisatawan dan peningkatan kunjungan wisata perairan yang tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga  program nasional pemulihan ekonomi disektor pariwisata akan tercapai", tutup AKBP Feria Kurniawan S.I.K.


Dalam kesempatan tersebut Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan, S.I.K menyerahkan secara simbolis 25 (Dua Puluh Lima) buah life jacket kepada pengelola Taman Wisata Air Kalitaman, juga bantuan berupa paket sembako bagi warga sekitar Kalitaman.


Selesai kegiatan Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan, S.I.K yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Iman Sudiyantoro, S.H, M.H kepada awak media menyampaikan bahwa dengan telah diberikannya life jacket, kedisiplinan pengelola maupun pengunjung Wisata Air Kalitaman meningkat sehingga dapat meminimalisir kejadian atau kecelakaan di lokasi wisata air ini, pahami tata cara penggunaan life jacket agar bisa terhindar dari kejadian kecelakaan air, Program Ikan Selayar ini merupakan wujud kepedulian dan bakti Polri khususnya Polres Salatiga kepada masyarakat, jelas Kompol Iman Sudiyantoro, S.H, M.H. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner