Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Hari Baden Powell Dan Jelang Hari Tunas 2023, Reboisasi Tanam 3500 Pohon

Redaksi
Friday, February 24, 2023
Last Updated 2023-02-24T08:12:20Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 



Laporan: W Widodo 


KABUPATEN SEMARANG | berita-global com – Memperingati Hari Baden Powell dan jelang Hari Tunas 2023, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah mereboisasi bukit gundul di Dusun Ngipik, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Jumat (24/2/2023). Sebanyak 3.500 pohon kopi dan alpukat ditanam oleh 500 pandu.


Wakil Ketua Kwarda Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, gerakan menanam ini adalah ejawantah dari  semangat bapak pandu dunia, Baden Powell. Sekaligus, untuk membantu warga setempat mengelola bukit gundul tersebut.


“Kita tiru semangat petualang dan semangat cinta alamnya, dengan menyelamatkan bukit gundul dengan tanaman yang bisa menahan erosi dan memperkuat lereng, serta mampu menghasilkan (buah bagi petani),” ujarnya.


Sujarwanto menyebut, pohon kopi dan alpukat memiliki nilai perekonomian yang tinggi bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, Kwarda Jateng bekerja sama dengan kelompok tani setempat, guna merawat bibit yang sudah ditanam sampai bisa dipanen.


Wakil Ketua kelompok tani “Mekar Tani” Juriyan mengaku senang dengan gerakan reboisasi tersebut. Selain melestarikan lingkungan, penanaman pohon diharapkan menghidupkan geliat ekonomi melalui budidaya kopi dan alpukat.


Bukit setinggi lebih kurang 20 meter itu, hanya ditumbuhi rumput liar dan pepohonan yang kurang produktif bagi warga.


“Selain memperkuat sumber air dan menahan longsor. Harapannya nanti kopi dan alpukat setelah berbuah bisa untuk produksi sendiri. Ya kira-kira kalau dirawat dua tahun lagi bisa dipanen kopinya,” pungkasnya. (*)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner