Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

 


Iklan

 


 


 


Hidupkan Tradisi Keilmuan Islam, PKS Jateng Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Redaksi
Tuesday, December 13, 2022
Last Updated 2022-12-13T13:49:56Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 



Laporan: W Widodo


SEMARANG,BeritaGlobal.net - Sebanyak 260 santri dari seluruh Jawa Tengah mengikuti Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ke VI yang diselenggarakan Badan Pengembangan Umat (BPU) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Jawa Tengah. Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Tengah pada Selasa (13/12/2022).


Ketua DPW PKS Jawa Tengah, Muh. Haris mengatakan, Lomba Baca Kitab Kuning ke VI  ini merupakan bagian dari upaya PKS menghidupkan tradisi keilmuan dan memotivasi generasi muda untuk terus bersemangat mempelajari kitab kuning. 


“Lomba Baca Kitab Kuning ke VI  ini bagian dari upaya PKS menghidupkan tradisi keilmuan dan memotivasi generasi muda untuk terus bersemangat mempelajari Kitab kuning,” Tutur Muh Haris. 


Muh. Haris menambahkan bahwa lomba membaca kitab kuning tersebut rutin diselenggarakan oleh PKS setiap tahunnya serentak secara nasional. 


“Setiap tahun PKS  secara rutin menyelenggarakan Lomba membaca kitab kuning sebagai bagian dari upaya konsistensi PKS membangun tradisi keilmuan,” jelasnya. 


Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Jawa Tengah, Solikhin.


“Bahagia sekali tradisi seperti ini terus dilakukan, diwariskan agar sambung menyambung tradisi ilmiah ilahiyah dan amaliyah ilmiah ini terus bisa betul-betul bukan hanya sekadar dalam bentuk lomba tapi dalam bentuk kehidupan sehari-hari,” ungkap Solikhin. 


Lebih lanjut, Solikhin juga meyakini bahwa masyarakat sejatinya haus akan bimbingan Kyai dan Santri untuk mendapatkan pencerahan agama  yang baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW.


“Saya juga merasakan bahwa masyarakat itu sangat-sangat haus akan bimbingan para kyai dan santri untuk mendapatkan pencerahan, agar masyarakat bisa beragama islam dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW,” jelas Solikhin.


Ketua Panitia LBKK ke VI  BPU PKS Jawa Tengah, Nurhadi Susilo mengatakan, PKS merupakan partai pertama yang mengadakan LBKK dan terus konsisten menyelenggarakan kompetisi keilmuan tersebut hingga saat ini. 


“PKS adalah partai yang pertama kali mengadakan LBKK dan alhamdulillah konsisten sampai saat ini, kami juga berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan ini  di tahun-tahun berikutnya,” terang Nurhadi. 


Nurhadi juga menjelaskan bahwa LBKK ini sebenarnya merupakan serangkaian peringatan hari santri. Pihaknya bersykur lomba tahun ini bisa diselenggrakan secara offline di kantor DPTW PKS Jateng. 


“Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka hari santri , alhadullillah tahun ini bisa terselenggara offline setelah tahun lalu secara online,” Paparnya. 


Lebih lanjut, Nurhadi menjelaskan tujuan dari diselenggarakannya acara LBKK tersebut. 


“Hal ini tentu semakin mengokohkan jati diri PKS  sebagai partai dakwah yang memiliki kepedulian kepada Pesantren dan Pendidikan Islam, menghidupkan tradisi keilmuan di kalangan kaum muslimin, serta menjalin komunikasi yang harmonis dengan dunia pesantren salafiyah. Karena seringnya tuduhan dan stigma, PKS tidak ahlusunnah waljamaah kami jawab dengan ngaji bareng Kitab Fathul Muin, mudah-mudahan pesan yang ingin kami sampaikan bisa diterima dengan baik,” papar Nurhadi.


Dalam keterangannya, Nurhadi juga menjelaskan bahwa pemenang juara satu akan mewakili Jawa Tengah di Tingkat Nasional.


“Kali ini akan dipilih nantinya satu diantara para santri ini yang terbaik untuk mewakili Jawa Tengah maju pada tanggal 19 Desember di DPP PKS, di tingkat nasional. Dan mudah-mudahan, mohon doanya semua kita bisa menjadi juara satu di tingkat nasional nanti. Betul-betul mendapatkan calon yang terbaik,” pungkas Nurhadi. 


Adapun yang berbeda dari penyelenggaraan LBKK tahun ini adalah untuk pertama kalinya, LBKK dilaksanakan melalui proses seleksi di tingkat zona. Total terdapat enam zona di wilayah Jawa Tengah. Sebanyak 260 peserta yang mendaftar melalui link pusat, selanjutnya didistribusikan ke zona masing-masing, setelah melewati proses seleksi selama kurang lebih dua pekan hingga akhirnya masuk ke babak penyisihan di Tingkat Provinsi hari ini (13/12/2022). 


Sementara itu, penyelenggaraan kompetisi ini mendapatkan banyak dukungan, yakni dari Pengurus DPW Jawa Tengah, Anggota Legislatif FPKS, dan seluruh anggota PKS Jawa Tengah.


Pemenang Juara 1 (satu) Lomba Baca Kitab Kuning di Jawa Tengah diraih oleh Faisal Khumaidi yang berasal dari Pondok Pesantren At-Tauhidiyah Giren, Talang, Tegal. Atas raihannya tersebut, Faisal berhasil mendapatkan hadiah Umroh Gratis dari Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Tengah, H. Agung Budi Margono, ST. MT. Selain itu pemenang Juara 1 (satu) juga mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp6,000,000 oleh penyelenggara LBKK. (*) 


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner