pecahan sisa tembok berlin

DKI JAKARTA – Sebanyak 4 pecahan sisa Tembok Berlin yang bersejarah memisahkan negara Jerman Barat dan Jerman Timur di masa perang dingin akan dibawa ke Kalijodo.

Pecahan sisa Tembok Berlin tersebut akan dibentuk menjadi karya seni instalasi bernama “Patung Tembus Pandang”.

“Tanggal 26 September akan dikirim. Minta dikawal Dishub (Dinas Perhubungan) dari Pamulang ke sini. Supaya bawanya aman. Patungnya gede banget dan temboknya baja tebal banget ada empat bidang,” kata Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di RPTRA Kalijodo, Jakarta Barat, Selasa (12/9).

Kini karya seni instalasi tersebut masih dalam proses penyempurnaan oleh seniman Teguh Ostenrik. Teguh yang pernah belajar seni di Jerman berinisiatif menyumbang patung beserta 4 pecahan Tembok Berlin tersebut untuk Kalijodo.

Masing-masing potongan Tembok Berlin yang dibentuk memiliki berat 2,5 ton dengan ukuran masing-masing panjang mencapai 3,6 meter dan lebar 1,2 meter. Nantinya, pecahan Tembok Berlin tersebut akan disertai 13 figur manusia yang terbuat dari besi.
Peresmian patung dilakukan tepat pada peringatan penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur.

“Tanggal 3 kita resmkan karena itu hari berserjarah. Penyatuan Jerman Barat dan Timur,” ujar Djarot.

Patung tersebut menurut Djarot menjadi tanda penghilang sekat perbedaan di Jakarta, khususnya di Kalijodo.

“Kalijodo itu kan dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat, seluruh kalangan, seluruh masyarakat bukan Jakarta saja tapi seluruh Indonesia, tetapi juga banyak saya ketemu disini orang asing khusus datang kesini. Itu adalah maknanya supaya di antara kita semua itu, orang Indonesia tidak ada batas-batas. Kita satu,” kata Djarot.

 

[INDONESIA]

LEAVE A REPLY