ciuman

KESEHATAN – Kapan terakhir kali anda ciuman dengan suami atau istri anda? Apakah pagi ini, kemarin, atau bahkan sudah lupa kapan terakhir kali mengecup pasangan Anda?

Berciuman tak hanya membuat hubungan Anda dan pasangan tambah mesra. Penelitian menyebutkan bahwa sering ciuman juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa faktanya!

Berciuman dapat mengurangi rasa nyeri

Saat berciuman, tubuh akan mengeluarkan adrenalin yang kemudian akan menurunkan rasa nyeri Anda. Bahkan berdasarkan penelitian, pasangan yang sering berciuman lebih jarang mengalami nyeri kepala. Jadi, kram saat menstruasi atau nyeri kepala bukan jadi alasan untuk menghindari berciuman dengan pasangan!

Berciuman dapat membuat Anda bahagia

Ketika Anda sedang stres atau banyak masalah, bermesraan dengan pasangan mungkin menjadi aktivitas kesekian yang ingin Anda lakukan. Padahal dengan berciuman, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin, serotonin, dan dopamin yang dapat membuat Anda merasa bahagia.

Berciuman dapat membakar kalori

Tahukah Anda bahwa ternyata berciuman dapat membakar kalori, meski tentu saja tidak sebanyak jika Anda melakukan treadmill. Satu menit berciuman dapat membakar sekitar 2–3 kalori. Tapi bukan alasan untuk menggantikan kebiasaan berolahraga rutin dengan berciuman, ya!

Berciuman dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Psychological Reports, pasangan yang berciuman dan berhubungan seks rutin (1–2 kali per minggu) memiliki kadar antibodi imunoglobulin A (Ig A) yang lebih tinggi. Antibodi yang ada di dalam tubuh berfungsi untuk menangkal infeksi dan membentuk sistem kekebalan tubuh.

Berciuman dapat meningkatkan rasa percaya diri

Pada suatu penelitian, pria yang mencium pasangannya dengan mesra sebelum pergi kerja didapati lebih produktif saat di kantor. Hal ini diduga karena berciuman dapat meningkatkan rasa percaya diri dan bahagia, yang pada akhirnya memengaruhi produktivitas saat bekerja.

Berciuman dengan pasangan tak hanya dapat meningkatkan keintiman serta kedekatan emosional, namun juga dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Jadi, berikanlah ciuman terindah kepada pasangan Anda untuk hidup yang lebih sehat, bahagia, dan produktif yah Pinchi!

 

[KESEHATAN]

LEAVE A REPLY