cara-tepat-menjelaskan-pada-anak-tentang-pentingnya-kesehatan

suaraglobal.com – Kesehatan harus dijaga sejak dini. Anak-anak diminta menjaga kesehatan demi masa depan yang lebih baik. Kebanyakan anak sulit untuk mengerti pentingnya kesehatan. Mereka kerap tidak mau tahu tentang bagaimana menjaga kesehatan.

Orangtua biasanya sulit untuk memberikan penjelasan. Dokter menjadi perantara yang dianggap pas untuk memberikan penjelasan. Dokter diminta melakukan pendekatan untuk situasi medis tertentu.

Dr. Bryan Sisk dari Rumah Sakit St. Louis Children dan rekan-rekannya mempelajari bagaimana cara menjelaskan pada anak tentang menjaga kesehatan mereka. Salah satunya membiarkan anak memilih cara menjaga kesehatannya

“Ketika anak-anak memiliki prognosis buruk, reaksi pertama kami adalah melindungi mereka dengan menahan informasi buruk. Anak sering takut dengan berita buruk kesehatan,” kata Sisk.

“Di sisi lain, jika kami menyembunyikan berita buruk, beberapa anak akan berpikir keluarga mereka bertingkah aneh karena mereka telah melakukan sesuatu yang salah. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan, anak-anak terutama remaja, dapat mengatasi dengan baik kesehatan mereka setelah diberi pengertian,” tambahnya.

“Ada juga banyak faktor dinamika keluarga, keyakinan agama dan perbedaan dalam undang-undang negara. Setiap situasi harus ditangani secara individual dengan perhatian dan kasih sayang pada anak.”

 

LEAVE A REPLY