hujan es

DEPOK – Kawasan Kota Depok, Jawa Barat, sempat dilanda hujan es pada Minggu (1/10/2017) sore.

Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerima laporan warga yang mengaku melihat dan menyaksikan fenomena hujan es yang berlangsung sekitar setengah jam.

” Hujan es terjadi antara pukul 15.00 sampai 16.00 WIB. Laporannya beragam, ada yang bilang dari pukul 15.20, ada juga yang bilang dari 15.40 WIB.”

“Tapi rata-rata mulai dari pukul 15.30 WIB, jadi setengah jam,” kata Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi BMKG Hary Tirto Djatmiko saat dihubungi Kompas.com, Minggu malam.

Menurut Hary, hujan es yang terjadi di Depok sama dengan hujan es yang pernah melanda kawasan Jakarta Timur pada Maret 2017 lalu.

Saat itu, hujạn es berlangsung selama kurang lebih 20 menit, dan membuat atap pecah, serta kap mobil warga penyok.

Hary mengatakan, hujạn es yang melanda Depok terjadi karena Jabodetabek sedang memasuki awal musim penghujan, atau pancaroba.

Ciri-ciri masa transisi yang dimaksud Hary adalah mulai terjadi hujan di sejumlah kawasan dalam beberapa hari terakhir.

Lalu, terjadi perubahan cuaca yang cepat, turun hujan sedang sampai lebat, disertai petir serta angin kencang dengan durasi singkat.

“Masa transisi di Jabodetabek ini, atau musim pancaroba, akan berlangsung mulai awal bulan Oktober sampai November 2017 nanti.”

“Selama masa transisi ini, ada kemungkinan hujạn es lagi,” tutur Hary.

 

[INDONESIA]

LEAVE A REPLY