Suaraglobal.com – Di ajang Game Developer Conference 2016, Sony mengumumkan bahwa produk mereka di bidang virtual reality ini akan segera hadir pada bulan Oktober dengan harga yang jauh lebih murah dari produk virtual reality unggulan lainnya.

Salah satu usaha Sony untuk turut bergabung mengikuti tren virtual reality yang dimulai di tahun 2016 ini, kini sudah ditentukan kapan akan dirilis. Sony akan merilis Playstation VR pada bulan Oktober dengan harga $399. Tentunya ini merupakan berita gembira. Meskipun tanggal tersebut mundur dari waktu yang direncanakan sebelumnya, namun Sony masih bisa menekan harga untuk sebuah paket virtual reality pada harga di bawah para pesaingnya. Jika melihat harga HTC Vive yang berkisar $799 dan Oculus Rift yang seharga $599, tentunya harga yang hampir separuhnya ini merupakan kabar gembira.

Walaupun di salah satu interview dengan pejabat tinggi Sony, Masayasu Ito mengatakan bahwa kekuatan Playstation VR masih di bawah kekuatan Oculus Rift. Menurutnya, tidak semua orang membutuhkan kekuatan penuh virtual reality seperti yang ditawarkan oleh Oculus Rift. Masih banyak orang yang hanya sekadar ingin mencicipi dunia virtual reality untuk gaming saja, dan orang-orang seperti inilah yang disasar oleh Sony Playstation VR. Bahkan menurut founder Oculus Rift, Palmer Luckey, harga yang diberikan oleh Playstation VR adalah harga yang fair. HTC Vive dan Oculus Rift dapat memberikan kualitas grafis yang lebih canggih, namun Playstation VR dapat memberikan refresh rate yang lebih baik, yaitu 120 fps dibanding 90 fps yang dimiliki para pesaingnya. Hal ini tentunya membuat mata terasa lebih nyaman saat bermain game.

Namun, ternyata harga $399 tersebut terpaksa mengorbankan satu perangkat penting yang wajib dimiliki untuk dapat menikmati virtual reality di Playstation VR ini. Paket dengan harga tersebut belum termasuk dengan kamera yang dibutuhkan untuk mendeteksi pergerakan kepala saat menggunakan Playstation VR. Keputusan ini diambil Sony berdasarkan argumen bahwa kebanyakan pemilik Playstation 4 juga sudah memiliki alat kamera tersebut pada paket awal saat mereka membeli Playstation 4 tersebut. Sehingga kamera tersebut sengaja tidak diturut sertakan agar dapat memberikan lebih banyak pilihan kepada para gamer untuk memilih paketnya sendiri.

Pada paket $399 tersebut sudah termasuk seperangkat earphone, kabel HDMI maupun USB, perangkat grafis yang terpisah, serta power supply khusus. Untuk mendapat pengalaman virtual reality yang lebih baik, Sony menganjurkan untuk menggunakan Playstation Move sebagai controllernya. Sayangnya, alat tersebut juga tidak termasuk di dalam paket $399 itu.

Jajaran game yang akan mendukung Playstation VR pun terdengar luar biasa. Selain game-game virtual reality yang sudah pernah diumumkan sebelumnya seperti EVE: Valkyrie, Sony juga mengumumkan game-game yang dibuat khusus untuk VR dari studio mereka sendiri seperti Gran Turismo, ACE Combat 7, sampai dengan Final Fantasy. Selain itu, Sony juga mengumumkan bahwa Star Wars Battlefront akan rilis versi khusus VR-nya. Ada lebih dari 50 game yang sudah siap di bulan Oktober saat Playstation VR tersebut dirilis.

2016 memang tahunnya Virtual Reality.

LEAVE A REPLY