Pistachio icecream with mint and nuts

suaraglobal.com – Es krim sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Rasanya manis dengan sensasi dingin dan lembut, enak dimakan kapan saja.

Ada banyak cerita mengenai sejarah es krim. Siapa sangka kalau dessert manis dan lembut ini pertama kali dibuat oleh bangsa China pada 3.000 tahun sebelum masehi. Menurut beberapa sumber, konon es krim yang berasal dari China dibawa oleh Marco Polo saat ia kembali ke Italia.

Kepopuleran es krim juga semakin meroket saat dibuatnya sebuah buku berisi resep es krim yaitu L’Art de Faire Glaces yang diperkirakan sudah ada sejak era 1700-an. Dalam buku ini tidak hanya racikan es vanilla, akan tetapi juga terdapat beragam rasa lainnya seperti cokelat, aprikot, mawar dan karamel.

Dalam proses pembuatannya, es krim dengan gaya Prancis dibuat dengan mencampurkan kuning telur. Sedangkan gaya Philadelphia hanya menggunakan putih telur saja atau tidak menggunakan telur sama sekali.

Walaupun es krim mulai menyebar ke Eropa, akan tetapi tidak semua kalangan masyarakat bisa mencicip kelezatan es krim. Hanya kaum bangsawan serta keluarga kerajaan yang bisa menikmatinya.

Hingga pada abad ke-19 diciptakan mesin pembuat es krim dan mulai muncul pabrik es krim. Hasilnya, semua orang dapat dengan meudah menikmati es krim yang enak.

Kini es krim diolah dengan paduan rasa yang lebih unik seperti earl grey, lavender, salted caramel hingga pepraduan rasa tradisional seperti nasi uduk, klepon hingga martabak.

LEAVE A REPLY