tidur

KESEHATAN – Tidur adalah aktivitas sekaligus kebutuhan manusia yang dapat membantu memulihkan tubuh akibat lelah beraktifitas seharian.

Namun, bila tidur berlebihan, bisa sangat merugikan kesehatan. Melihat fenomena tersebut, para pakar mengajurkan tidak tidur lebih dari sembilan jam setiap malamnya.

Berikut ini beberapa bahaya tidur yang berlebihan, oversleeping atau bisa juga disebut dengan hipersomnia bagi kesehatan, seperti dilansir laman Ehow.

1. Kelelahan dan Obesitas

Terlalu banyak tidur justru bisa membuat Anda merasa lebih lelah. Ini karena semakin lama Anda tidur, maka akan semakin rendah suhu tubuh, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kelelahan dan kelesuan yang ekstrem saat bangun.

Sayangnya dengan oversleeping, Anda lebih berisiko mengalami obesitas karena tubuh butuh waktu lebih lama untuk pulih dari tidur yang berlebih dan mulai membakar kalori sepanjang hari.

2. Depresi

Depresi adalah kerugian umum bagi mereka yang kelaparan. Ini mungkin karena kenyataan bahwa semakin lama Anda tidur, maka semakin sedikit aktivitas fisik yang didapatkan, sehingga jumlah endorfin yang menurun bisa memicu mood buruk.

3. Diabetes dan Penyakit Jantung

Studi telah menunjukkan bahwa diabetes dan penyakit jantung terkait dengan lamanya waktu tidụr yang seseorang dapatkan.

Sementara penyebabnya mungkin tidak diketahui, fakta bahwa obesitas adalah risiko bagi mereka yang tidụr terlalu lama membuat setiap orang berisiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

4. Sakit Kepala

Sakit kepala adalah kejadian umum dari orang-orang yang terlalu banyak tidụr, terutama pada saat bangun dari tidụr yang sangat lama lebih dari sembilan jam.

Tidụr dalam jangka waktu lama memiliki dampak negatif pada neurotransmiter di otak yang aktif selama tidụr, yang menyebabkan Anda terbangun dengan migrain.

Sakit kepala yang terus-menerus hanya membuat Anda sulit menyesuaikan diri dan bersiap untuk memulai hari.

5. Gaya Hidup

Dengan sakit kepala, kelesuan, depresi dan mood buruk yang terkait dengan tidụr berlebihan, maka gaya hidup sehari-hari bisa menjadi tidak menentu akibat dari pola tidụr yang tidak sehat ini.

Saat Anda terus tidụr untuk waktu yang lebih lama, Anda memberi diri sedikit waktu untuk bersiap-siap di pagi hari, pergi bekerja, sekolah atau menyelesaikan pekerjaan.

 

[KESEHATAN]

LEAVE A REPLY